Mac Book Pro sebagai powerbank

Notebook / Laptop Sebagai Power Bank

Saat ini smartphone dan tablet sudah menjadi populer dan banyak dipakai menggantikan telepon genggam biasa.  Namun demikian, smartphone ini rata-rata memiliki kelemahan yaitu boros energi, sehingga baterenya cepat habis dibandingkan telepon genggam biasa.

Solusi saat ini yang sering dilakukan adalah menambah kapasitas batere dengan cara menggunakan power bank yang dapat digunakan untuk mengisi batere smartphone ketika kita sedang di perjalanan.  Namun adanya power bank ini berarti menambah lagi gadget yang perlu masuk ke dalam tas.

Bagi para kuli laptop yang malas menambah gadget lagi, bisa menggunakan laptop yang sudah ada sebagai power bank, dengan catatan smartphone yang dipakai menggunakan tegangan 5 volt dari port USB sebagai pengisi daya.

Berikut ini beberapa penampakan laptop yang dipakai sebagai power bank, ataupun pengganti charger kalau lupa membawa charger smartphone.

Berikut ini laptop Mac Book Pro sebagai powerbank:

Mac Book Pro sebagai powerbank
Mac Book Pro sebagai powerbank

Berikut ini Toshiba Portege sebagai powerbank:

Notebook Toshiba sebagai powerbank
Notebook Toshiba sebagai powerbank

Beberapa notebook dari Toshiba mempunya fitur sleep-and-charge, yaitu notebook tidak usah dinyalakan supaya dipakai sebagai charger. Untuk mengenal lebih jauh tentang fitur USB sleep & charge, dapat dibaca di situs Toshiba USB sleep & charge ports.

Fitur USB Sleep & Charge
Fitur USB Sleep & Charge. Lumayan !

Pada Toshiba Portege R835, port USB yang punya fitur sleep & charge diber tanda khusus, dan hanya 1 port USB saja yang mempunyai fitur ini.

Port USB Sleep & Charge pada notebook Toshiba
Port USB Sleep & Charge pada notebook Toshiba

Dengan fitur sleep & charge ini, cukup tancap saja kabel charger USB ke port sleep & charge tanpa perlu pusing apakah notebooknya dalam keadaan menyala atau mati.

Tentu saja menggunakan laptop sebagai powerbank memiliki kelemahan:

  1. mesti punya laptop
  2. batere laptop akan terpakai oleh smartphone
  3. umur batere laptop berkurang sedikit karena dipakai untuk mengisi batere smartphone

 

One thought on “Notebook / Laptop Sebagai Power Bank”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *