Pembom B-2 Spirit

Pembom Siluman B-2 Spirit dari Amerika Serikat

A B-2 Spirit dropping Mk.82 bombs into the Pacific Ocean in a 1994 training exercise off Point Mugu, California, near Point Mugu State Park.
A B-2 Spirit dropping Mk.82 bombs into the Pacific Ocean in a 1994 training exercise off Point Mugu, California, near Point Mugu State Park.

Northrop Grumman adalah kontraktor utama untuk Angkatan Udara AS B-2 Spirit siluman bomber. The-B 2 adalah, jangka panjang rendah diamati, strategis, pembom berat mampu menembus perisai pertahanan udara canggih dan padat. Hal ini mampu misi serangan semua ketinggian hingga 50.000 kaki, dengan jangkauan lebih dari 6,000nm unrefuelled dan lebih 10,000nm dengan satu pengisian bahan bakar, memberikan kemampuan untuk terbang ke titik manapun di dunia dalam beberapa jam.

Profil khas berasal dari unik ‘terbang sayap’ konstruksi. Tepi terkemuka sayap yang miring di 33 ° dan trailing edge memiliki bentuk ganda-W. Hal ini diproduksi di fasilitas Northrop Grumman di Pico Rivera dan Palmdale di California.

The-B 2, setelah sepuluh tahun pelayanan, akhirnya mencapai kemampuan operasional penuh pada bulan Desember 2003. Dalam tiga tahun pertama pelayanan, operasional B-2s mencapai tingkat kehandalan sortie dari 90%. Penilaian diterbitkan oleh USAF menunjukkan bahwa dua B-2s bersenjata dengan persenjataan presisi dapat melakukan pekerjaan dari 75 pesawat konvensional.

Lapisan Siluman AHFM

Northrop Grumman telah mengembangkan lapisan penyerap radar-baru untuk melestarikan karakteristik stealth B-2, sementara secara drastis mengurangi waktu perawatan. Materi baru, yang dikenal sebagai alternate high-frequency material (AHFM), yang disemprotkan oleh empat robot dikontrol secara independen.

Pada bulan November 2011, USAF mendapat kontrak $ 109m untuk Northrop Grumman untuk memproduksi dek belakang didesain ulang untuk B-2 stealth bomber.

Serah Terima B-2 Dan Pangkalan

21 buah pesawat B-2 telah diserahterimakan ke Whiteman Air Force Base di Missouri, yang pertama pada bulan Desember 1993.

Sebuah sistem hanggar baru diangkut telah dikembangkan yang memungkinkan B-2 yang akan digunakan untuk meneruskan lokasi di luar negeri.

Hanggar adalah 126ft panjang, 250ft lebar dan 55 kaki tinggi. Yang pertama dari hangar ini telah didirikan di Diego Garcia di Samudera Hindia.
“Northrop Grumman adalah kontraktor utama untuk Angkatan Udara AS B-2 Spirit siluman pembom.”

Sebelum perkembangan ini, B-2s harus kembali ke Whiteman AFB setelah misi, untuk pemeliharaan fitur siluman pesawat. B-2 demikian digunakan untuk pertama kalinya selama Operasi Kebebasan Irak di Maret / April 2003. Pada bulan Maret 2005, sebuah B-2 skuadron ditempatkan untuk pertama kalinya ke Pangkalan Angkatan Udara Andersen di Guam dalam mendukung USAF Komando Pasifik .

Pada tanggal 23 Februari 2008, sebuah B-2 jatuh tidak lama setelah lepas landas dari Andersen AFB di Guam, kecelakaan pertama dalam sejarah pesawat. Kedua pilot dikeluarkan dengan aman dari pesawat, yang tidak membawa amunisi. Sebuah penyelidikan USAF ke penyebab kecelakaan itu sedang berlangsung. B-2 armada beralasan menunggu hasil penyelidikan namun dikembalikan ke layanan pada bulan April 2008. Sebuah investigasi USAF merilis sebuah laporan kecelakaan pada bulan Juni 2008 yang menyimpulkan bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh kelembaban di unit pelabuhan transduser. Sensor ini mengirim informasi terdistorsi ke sistem data udara.

Program Upgrade B-2

Northrop Grumman, kontraktor utama B-2, memimpin tim industri yang bekerja pada modernisasi B-2 tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan kerajinan yang tetap sepenuhnya misi mampu melawan ancaman yang terus berkembang di seluruh dunia. Berbagai program peningkatan bekerja pada peningkatan lethality B-2; kemampuannya untuk menerima informasi target diperbarui selama misi, dan kemampuannya untuk mengumpulkan, memproses dan menyebarkan informasi medan perang dengan komandan pasukan gabungan atau responden pertama lokal lainnya di seluruh dunia.

Pada bulan Juni 2007, Northrop Grumman dianugerahi kontrak untuk mengembangkan kemampuan komunikasi satelit EHF dan meng-upgrade arsitektur komputer untuk B-2 tersebut. Upgrade termasuk Lockheed Martin unit pengolahan terpadu (IPU). Uji penerbangan dengan sistem baru selesai pada Juli 2009.

Angkatan Udara AS dan Northrop Grumman Corporation menyelesaikan review desain sistem perangkat lunak baru dan arsitektur komputasi selama Juli 2008. Arsitektur baru memungkinkan B-2 unit pengolahan terpadu baru (IPU) untuk berkomunikasi dengan aplikasi pengolahan pesawat.

Arsitektur baru ini memberikan kecepatan tinggi lingkungan penanganan data yang dibutuhkan untuk melaksanakan masa depan B-2 kemampuan seperti EHF sistem komunikasi satelit, dan juga menyediakan B-2 kemampuan untuk menghancurkan target bergerak.

Kokpit B-2

Kokpit pembom ini dapat mengakomodasi dua awak. Kokpit dilengkapi dengan warna, sembilan tabung, sistem instrumentasi penerbangan elektronik (EFIS / Electronic Flight Instrumentation System), yang menampilkan penerbangan, mesin dan sensor data dan sistem avionik dan status senjata.

Pilot dapat memilih untuk mengaktifkan pilihan yang tepat penerbangan dan misi peralatan untuk modus take-off, go-to-perang dan mode mendarat dengan menggunakan sederhana tiga-arah saklar.

Kokpit pesawat pembom B-2 Spirit
Kokpit pesawat pembom B-2 Spirit

Sumber: http://www.airforce-technology.com/projects/b2/b27.html

Persenjataan

Pesawat membawa semua senjata internal dan dilengkapi dengan dua teluk senjata terpisah di tengah pesawat. B-2 memiliki kapasitas untuk membawa sampai £ 40.000 senjata, termasuk senjata konvensional dan nuklir, amunisi presisi-dipandu, bom gravitasi dan berbagai senjata maritim.

Setiap teluk senjata dilengkapi dengan peluncur putar dan dua majelis bom-rak. Dalam tes, B-2 berhasil dirilis B-61 dan B-83 mk84 nuklir dan bom konvensional dari roket peluncur putar, dan mk82 dan CBU-87 senjata konvensional dari rak bom. B61-11 merupakan bom nuklir menembus bumi untuk digunakan melawan terkubur dan mengeras target. The B83 adalah free-fall bom nuklir strategis.

B-2 juga dapat membawa AGM-129 rudal jelajah maju, yang merupakan rudal jelajah strategis dengan berbagai diperkirakan sampai 1.500 mil.

16 satelit-dipandu JDAM (mesiu serangan langsung gabungan) rudal dapat dilakukan. Northrop Grumman adalah mengubah B-2 bom rak perakitan untuk konfigurasi ‘pintar’ baru, yang akan meningkatkan jumlah JDAMs yang dapat dilakukan untuk maksimal 80. Pesawat ini juga akan dilengkapi dengan senjata stand-off bersama ( JSOW), stand-off rudal bersama udara-ke-permukaan (JASSM) dan amunisi angin-kompensasi dispenser (WCMD) dan akan mampu membawa sampai 80 115kg bom berdiameter kecil (SDB).

Pada bulan Juni 2007, Northrop Grumman dianugerahi kontrak untuk mengintegrasikan penetrator Boeing persenjataan besar (MOP) senjata pada B-2 tersebut. MOP adalah GPS-dipandu, berisi 2,400kg (£ 5.300) bahan peledak dan dirancang untuk menembus mengeras, target terkubur. B-2 yang mampu membawa dua senjata MOP, satu di setiap teluk senjata.

Sebuah senjata generik sistem antarmuka (GWIS) telah dipasang sebagai bagian dari blok 30 upgrade. The GWIS adalah paket perangkat lunak digital terintegrasi, yang memungkinkan-B 2 untuk membawa campuran yang berbeda dari stand-off senjata dan amunisi serangan langsung terhadap serangan mendadak tunggal, memungkinkan pesawat untuk menyerang sampai empat jenis target dalam misi tunggal.

Berdasarkan kontrak diberikan kepada Northrop Grumman pada Februari 2008, USAF telah memulai program untuk memberikan-B 2 kemampuan untuk menyerang target bergerak, menggunakan senjata presisi-dipandu seperti bom berdiameter kecil II. Kontrak melibatkan upgrade menampilkan dan mode radar.

 

pembomb-b2-senjata-b_2next

Senjata yang dibawa pembom B2
Senjata yang dibawa pembom B2

Sumber gambar: http://www.globalsecurity.org/wmd/systems/b-2.htm

Penanggulangan

B-2 membawa radar penerima peringatan  buatan  Lockheed Martin , sebuah sistem bantu defensif dari Northrop Grumman  dan AN / APR-50 sistem manajemen pertahanan (DMS/Defensive Management System) buatan Lockheed Martin.

Radar

Raytheon AN / APQ-181 serangan rahasia radar, yang beroperasi di J band (Ku band), adalah radar multi-tujuan dengan medan berikut dan mode menghindari medan. Pengujian di Edwards Air Force Base telah menunjukkan medan terpercaya berikut pada ketinggian ke 200ft.

Pada bulan April 2009 Northrop Grumman Corporation disampaikan kepada Angkatan Udara AS operasional B-2 Spirit stealth bomber pertama yang dilengkapi dengan radar baru dimodernisasi. Pesawat ini resmi diserahkan ke angkatan udara pada di Whiteman Air Force Base, rumah operasional B-2 armada dan Bom Wing 509.

Pesawat diperbarui akan digunakan oleh angkatan udara untuk melakukan pengujian lapangan tambahan radar, dan data yang dikumpulkan dari keputusan ini akan mendukung keputusan tangkas masa depan.

B-2 Program radar modernisasi menggantikan sistem radar asli pesawat dengan satu yang menggabungkan perbaikan teknologi yang telah terjadi sejak-B 2 awalnya dirancang di awal 1980-an.

Pada bulan November 2002, Raytheon dianugerahi kontrak untuk mengembangkan AESA baru Ku-band (aktif berbagai elektronik dipindai) antena untuk B-2 radar untuk menghindari gangguan dengan sistem satelit komersial setelah 2007. Penerbangan tes dengan radar baru dimulai pada bulan Oktober 2007 dan berlanjut sampai 2008. Pemasangan antena baru pada B-2 armada akan selesai pada tahun 2012.

Navigasi dan komunikasi

B-2 navigasi suite mencakup TCN-250 sistem Rockwell Collins navigasi udara taktis (TACAN) dan sistem instrumen pendaratan VIR-130A.

Peralatan komunikasi dipasok oleh Rockwell Collins. Sebuah relay sistem komunikasi satelit strategis dan taktis militer Milstar dipasang di blok 30 pesawat.

Pesawat telah ditingkatkan dengan Link 16 Link komunikasi.

Mesin

Pesawat ini didukung oleh empat General Electric F118-GE-100 mesin turbofan internal dipasang di tubuh sayap.

Mesin memiliki knalpot sistem kontrol suhu untuk meminimalkan tanda tangan termal.

Mesin, dinilai di 77kN, memberikan kecepatan subsonik tinggi dan kotor berat take-off maksimum £ 336.500. Dalam penerbangan gigi pengisian bahan bakar dipasang di garis tengah atas pesawat belakang kokpit.

 

Pembom B-2 Spirit
Pembom B-2 Spirit

 

Pesawat pembom B-2 sedang mengisi bahan bakar di udara
Pesawat pembom B-2 sedang mengisi bahan bakar di udara

Sumber Tulisan Dan Gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *