Pencemaran Air

Pencemaran air

Pencemaran Air

Pencemaran air
Pencemaran air

Sekitar dua pertiga dari permukaan bumi ditutupi oleh air; kurang dari sepertiga berupa daratan. Sementara penduduk bumi terus bertambah, beban terhadap sumber daya air bertambah. Dalam arti, lautan, sungai, dan perairan kita lainnya pedalaman sedang “diperas” oleh kegiatan manusia, dalam arti kualitas sumber daya air menjadi berkurang. Kualitas air yang buruk maksudnya adalah pencemaran air.

Kita menyadari bahwa polusi adalah masalah manusia karena merupakan hal yang relatif baru dalam sejarah planet: sebelum Revolusi Industri di abad ke-19 , orang hidup lebih harmonis dengan lingkungan.

Sementara industrialisasi telah menyebar di seluruh dunia, maka masalah polusi juga menyebar bersamaan dengan itu. Ketika penduduk bumi jauh lebih kecil, tidak ada orang percaya polusi akan menjadi masalah serius.

Dahulu kala pernah diyakini orang bahwa lautan yang terlalu besar untuk tercemar. Pada saat ini, dengan adanya sekitar 7 miliar orang di planet bumi, telah menjadi jelas bahwa ternyata ada batas kemampuan bumi mendukung manusia. Adanya polusi merupakan salah satu tanda bahwa manusia telah melampaui batas-batas daya dukung bumi.

Seberapa serius masalahnya? Menurut organisasi kampanye lingkungan WWF (World Wildlife Fund) : “Polusi dari bahan kimia beracun mengancam kehidupan di planet ini. Setiap laut dan setiap benua, dari daerah tropis ke daerah kutub, sudah terkontaminasi.”

Apa Itu Polusi Air?

Polusi air dapat didefinisikan dalam banyak cara. Biasanya, itu berarti satu atau lebih zat telah terkumpul dalam air sedemikian rupa sehingga menyebabkan masalah bagi hewan atau orang. Lautan, danau, sungai, dan perairan pedalaman lainnya secara alami dapat membersihkan sejumlah polusi dengan mengencerkan zat pengganggu sehingga tidak membahayakan. Jika Anda menuangkan secangkir tinta hitam ke sungai, tinta tersebu dengan cepat akan menghilang ke dalam air sungai yang jumlahnya jauh lebih besar. Tinta tersebut masih akan ada di sungai, tapi sedemikian rendah konsentrasinya sehingga Anda tidak akan dapat melihatnya. Pada tingkat rendah seperti itu, bahan kimia dalam tinta mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, jika Anda menuangkan beberapa galon tinta ke sungai setiap beberapa detik melalui pipa, sungai akan cepat berubah menjadi hitam. Bahan kimia dalam tinta dapat sangat cepat berpengaruh pada kualitas air. Hal ini, akhirnya dapat mempengaruhi kesehatan semua tumbuhan, hewan, dan manusia yang hidupnya bergantung pada sungai.

Dengan demikian, polusi air terkait dengan jumlah: berapa banyak zat polusi dilepaskan dan seberapa besar volume air yang menerima zat polusi tersebut. Sebuah jumlah kecil dari bahan kimia beracun mungkin memiliki dampak yang kecil jika tumpah ke laut dari kapal. Tapi jumlah yang sama dari bahan kimia yang sama dapat memiliki dampak yang jauh lebih besar jika dimasukkan ke danau atau sungai, di mana hanya ada sedikit air bersih untuk mengencerkannya.

Polusi air hampir selalu berarti bahwa beberapa kerusakan telah terjadi untuk lautan, sungai, danau, atau sumber air lainnya.

Pada sebuah laporan PBB tahun 1969 polusi laut didefinisikan sebagai :

“Pemberian oleh manusia, secara langsung atau tidak langsung, zat atau energi ke dalam lingkungan laut (termasuk muara) yang mengakibatkan efek merusak seperti membahayakan sumber daya hidup, bahaya bagi kesehatan manusia, halangan untuk kegiatan kelautan, termasuk penangkapan ikan, penurunan kualitas penggunaan air laut dan berkurangnya kenyamanan. ” [1]

Untungnya kerusakan dari polusi air seringnya tidak permanen dan dapat dihilangkan.

Contoh pencemaran udara dari asap pabrik
Contoh pencemaran udara dari asap pabrik

Foto: Polusi berarti menambahkan zat dengan lingkungan yang tidak termasuk ada-seperti polusi udara dari cerobong asap ini. Polusi tidak selalu sejelas ini, namun. Foto milik NREL (gambar id 6312198).

Apa saja jenis pencemaran air yang utama?

Ketika kita berpikir tentang sumber daya bumi air, kita berpikir tentang lautan besar, danau, dan sungai. Sumber air seperti ini disebut air permukaan. Jenis yang paling jelas dari polusi air mempengaruhi permukaan air. Misalnya, tumpahan dari kapal tanker minyak menciptakan minyak licin yang dapat mempengaruhi area yang luas dari laut.

Tidak semua air bumi duduk di permukaannya, namun. Banyak air yang diadakan di struktur batuan bawah tanah yang dikenal sebagai akuifer, yang kita tidak bisa melihat dan jarang berpikir tentang. Air disimpan di bawah tanah di akuifer dikenal sebagai tanah. Akuifer makan sungai dan menyediakan banyak air minum kita. Mereka juga bisa menjadi tercemar, misalnya, ketika pembunuh gulma digunakan dalam kebun rakyat mengalir ke tanah. Pencemaran air tanah jauh kurang jelas dari polusi permukaan air, tetapi tidak kurang dari masalah. Pada tahun 1996, sebuah studi di Iowa di Amerika Serikat menemukan bahwa lebih dari setengah sumur air tanah negara yang terkontaminasi dengan pembunuh gulma. [2]

Air permukaan dan air tanah adalah dua jenis sumber air yang polusi mempengaruhi. Ada juga dua cara yang berbeda di mana polusi dapat terjadi. Jika polusi berasal dari satu lokasi, seperti pipa pembuangan melekat pabrik, itu dikenal sebagai pencemaran titik-sumber. Contoh lain dari pencemaran sumber titik termasuk tumpahan minyak dari kapal tanker, debit dari asap stack (cerobong asap pabrik), atau seseorang menuangkan minyak dari mobil mereka ke saluran pembuangan. Banyak pencemaran air yang terjadi tidak dari satu sumber tunggal tapi dari berbagai sumber yang tersebar berbeda. Ini disebut polusi Nonpoint-sumber.

Dua foto yang menunjukkan sumber titik dan polusi sumber bukan titik.

Sumber polusi titik
Sumber polusi titik

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/File:AirPollutionSource.jpg

Sumber polusi bukan titik
Pencemaran non point dari limbah ladang

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Nonpoint_source_pollution#/media/File:Runoff_of_soil_%26_fertilizer.jpg

Ketika polusi titik-sumber memasuki lingkungan, tempat yang paling terkena dampak biasanya segera daerah sekitar sumber. Misalnya, ketika kecelakaan tanker terjadi, tumpahan minyak terkonsentrasi di sekitar tanker itu sendiri dan, dalam kondisi laut yang tepat, polusi menyebar semakin jauh dari kapal tanker Anda pergi. Hal ini cenderung terjadi dengan polusi sumber Nonpoint yang, menurut definisi, memasuki lingkungan dari berbagai tempat sekaligus.

Kadang-kadang polusi yang masuk lingkungan di satu tempat memiliki efek ratusan atau bahkan ribuan mil jauhnya. Hal ini dikenal sebagai polusi lintas batas. Salah satu contoh adalah cara limbah radioaktif perjalanan melalui lautan dari tanaman pengolahan nuklir di Inggris dan Perancis ke negara-negara terdekat seperti Irlandia dan Norwegia.

Bagaimana kita tahu bahwa air sudah tercemar?

Beberapa bentuk pencemaran air sangat jelas: semua orang telah melihat cuplikan berita TV dari slicks minyak difilmkan dari helikopter terbang di atas. Polusi air biasanya kurang jelas dan jauh lebih sulit untuk dideteksi dari ini. Tapi bagaimana kita bisa mengukur pencemaran air ketika kita tidak bisa melihatnya? Bagaimana kita tahu itu ada?

Ada dua cara utama untuk mengukur kualitas air. Salah satunya adalah untuk mengambil sampel air dan mengukur konsentrasi bahan kimia yang berbeda yang mengandung. Jika bahan-bahan kimia berbahaya atau konsentrasi yang terlalu besar, kita bisa menganggap air sebagai tercemar. Pengukuran seperti ini dikenal sebagai indikator kimia kualitas air. Cara lain untuk mengukur kualitas air melibatkan memeriksa ikan, serangga, dan invertebrata lainnya bahwa air akan mendukung. Jika berbagai jenis makhluk dapat hidup di sungai, kualitas mungkin akan sangat baik; jika sungai mendukung ada kehidupan ikan sama sekali, kualitas jelas jauh lebih miskin. Pengukuran seperti ini disebut indikator biologis kualitas air.

Apa saja penyebab pencemaran air?

Pencemaran air yang paling tidak dimulai dalam air itu sendiri. Ambil lautan: sekitar 80 persen dari polusi laut memasuki laut kita dari tanah. Hampir setiap aktivitas manusia dapat memiliki efek pada kualitas lingkungan air kita. Ketika petani menyuburkan ladang, bahan kimia yang mereka gunakan secara bertahap dicuci oleh hujan ke dalam tanah atau permukaan air di dekatnya. Terkadang penyebab pencemaran air yang cukup mengejutkan. Bahan kimia yang dilepaskan oleh cerobong asap (cerobong asap) dapat memasuki atmosfer dan kemudian jatuh kembali ke bumi sebagai hujan, memasuki laut, sungai, dan danau dan menyebabkan pencemaran air. Itulah yang disebut deposisi atmosfer. Polusi air memiliki banyak penyebab yang berbeda dan ini adalah salah satu alasan mengapa itu adalah suatu masalah yang sulit untuk memecahkan.

Limbah

Dengan miliaran orang di planet ini, membuang limbah limbah adalah masalah besar. Menurut 2013 data dari Organisasi Kesehatan Dunia, beberapa 780 juta orang (11 persen dari populasi dunia) tidak memiliki akses ke air minum yang aman, sementara 2,5 miliar (40 persen dari populasi dunia) tidak memiliki sanitasi yang layak ( Fasilitas toilet higienis); meskipun ada perbaikan besar dalam mengamankan akses ke air bersih, relatif sedikit kemajuan telah dibuat untuk meningkatkan sanitasi global dalam dekade terakhir. Pembuangan limbah mempengaruhi lingkungan langsung masyarakat dan mengarah ke penyakit yang berhubungan dengan air seperti diare yang membunuh 760.000 anak balita setiap tahun. [3] (Kembali pada tahun 2002, Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa penyakit yang berhubungan dengan air bisa membunuh sebanyak 135.000.000 orang pada tahun 2020.) Di negara-negara maju, kebanyakan orang memiliki toilet flush yang mengambil sampah limbah cepat dan higienis jauh dari rumah mereka .

Namun masalah pembuangan limbah tidak berakhir di sana. Ketika Anda menyiram toilet, sampah harus pergi ke suatu tempat dan, bahkan setelah ia meninggalkan karya pengolahan limbah, masih ada limbah untuk membuang. Kadang-kadang limbah limbah dipompa tidak diobati ke laut. Sampai awal 1990-an, sekitar 5 juta ton limbah dibuang oleh tongkang dari New York City setiap tahun. [4] Menurut 2002 data dari Departemen pemerintah Inggris untuk Lingkungan, Makanan, dan Urusan Pedesaan (DEFRA), selokan Inggris mengumpulkan sekitar 11 miliar liter air limbah setiap hari, beberapa di antaranya masih dipompa tidak diobati ke laut melalui pipa panjang. [5] The New River yang melintasi perbatasan dari Meksiko ke California setelah dilakukan dengan itu 20-25 juta galon (76-95000000 liter) dari limbah mentah setiap hari; tanaman air limbah baru di perbatasan AS-Meksiko, selesai pada tahun 2007, secara substansial memecahkan masalah itu. [6] Sayangnya, bahkan di beberapa negara terkaya, praktek limbah pembuangan ke laut terus. Pada awal 2012, dilaporkan bahwa pulau kecil Guernsey (antara Inggris dan Perancis) telah memutuskan untuk melanjutkan pembuangan 16.000 ton limbah mentah ke laut setiap hari.

Secara teori, limbah adalah zat benar-benar alami yang harus dipecah tanpa bahaya di lingkungan: 90 persen dari limbah air. [7] Dalam prakteknya, limbah mengandung semua jenis bahan kimia lainnya, dari obat-obatan farmasi orang mengambil untuk kertas, plastik, dan limbah lainnya mereka menyiram turun toilet mereka. Ketika orang-orang sakit dengan virus, limbah yang mereka hasilkan membawa mereka virus ke lingkungan. Hal ini dimungkinkan untuk menangkap penyakit seperti hepatitis, tipus, dan kolera dari sungai dan air laut.

Foto traktor merah penyemprotan tanaman dengan pestisida atau insektisida.

Pupuk

Pemupukan dapat menjadi sumber polusi
Pemupukan dapat menjadi sumber polusi

Sesuai dirawat dan digunakan dalam jumlah moderat, limbah dapat pupuk: ia mengembalikan nutrisi penting untuk lingkungan, seperti nitrogen dan fosfor, yang tanaman dan hewan perlu untuk pertumbuhan. Masalahnya adalah, limbah sering dirilis dalam jumlah jauh lebih besar dari lingkungan alam dapat mengatasi. Pupuk kimia yang digunakan oleh petani juga menambahkan nutrisi ke tanah, yang mengalir ke sungai dan laut dan menambah efek pemupukan kotoran. Bersama-sama, limbah dan pupuk dapat menyebabkan peningkatan besar dalam pertumbuhan alga atau plankton yang menguasai daerah besar lautan, danau, atau sungai. Hal ini dikenal sebagai mekar alga berbahaya (juga dikenal sebagai HAB atau pasang merah, karena dapat mengubah air merah). Hal ini berbahaya karena menghilangkan oksigen dari air yang membunuh bentuk lain dari kehidupan, yang menyebabkan apa yang dikenal sebagai zona mati. Teluk Meksiko memiliki salah satu zona mati yang paling spektakuler di dunia. Setiap musim panas, menurut penelitian oleh NOAA, tumbuh ke daerah sekitar 5500 mil persegi (14.000 kilometer persegi), yang adalah tentang ukuran yang sama dengan negara bagian Connecticut.

Air limbah

Beberapa statistik menggambarkan skala masalah yang buang air (kimia diguyur saluran air dan keluar dari pabrik) dapat menyebabkan. Sekitar setengah dari semua pencemaran laut disebabkan oleh limbah dan air limbah. Setiap tahun, dunia menghasilkan mungkin 5-10000000000 ton limbah industri, banyak yang dipompa tidak diobati ke sungai, lautan, dan saluran air lainnya. [8] Di Amerika Serikat saja, sekitar 400.000 pabrik mengambil air bersih dari sungai, dan banyak pompa tercemar air kembali di tempat mereka. Namun, telah ada peningkatan besar dalam pengolahan air limbah baru. Sejak tahun 1970, di Amerika Serikat, Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) telah menginvestasikan sekitar $ 70 milyar dalam meningkatkan pabrik pengolahan air yang, pada 2015, melayani sekitar 88 persen dari penduduk AS (dibandingkan dengan hanya 69 persen pada tahun 1972).

Pabrik merupakan sumber titik polusi air, tetapi cukup banyak air tercemar oleh orang-orang biasa dari sumber Nonpoint; ini adalah bagaimana biasa air menjadi air limbah di tempat pertama. Hampir semua orang menuangkan bahan kimia atau sejenisnya bawah saluran air atau toilet mereka. Bahkan deterjen digunakan dalam mesin cuci dan mesin pencuci piring akhirnya berakhir di sungai dan lautan kita. Begitu juga pestisida yang kita gunakan pada kebun kami. Banyak polusi beracun juga memasuki air limbah dari limpasan jalan raya. Jalan raya biasanya ditutupi dengan koktail bahan kimia beracun-segala sesuatu dari tumpah cairan bahan bakar dan rem untuk bit ban aus (sendiri terbuat dari bahan kimia tambahan), dan emisi gas buang. Saat hujan, bahan kimia ini mencuci ke saluran pembuangan dan sungai. Hal ini tidak biasa bagi badai hujan musim panas berat untuk mencuci bahan kimia beracun ke sungai dalam konsentrasi sehingga mereka membunuh sejumlah besar ikan semalam. Diperkirakan bahwa, dalam satu tahun, limpasan raya dari kebocoran kota tunggal yang besar sebagai banyak minyak ke lingkungan air kita sebagai tanker tumpahan khas. Beberapa limpasan raya lari ke saluran pembuangan; lain dapat mencemari air tanah atau menumpuk di tanah sebelah jalan, sehingga semakin beracun seperti tahun-tahun berlalu.

Limbah kimia

Deterjen adalah zat yang relatif ringan. Pada ujung spektrum adalah bahan kimia yang sangat beracun seperti polychlorinated biphenyls (PCB). Mereka pernah secara luas digunakan untuk pembuatan papan sirkuit elektronik, tetapi efek berbahaya mereka kini telah diakui dan penggunaannya sangat dibatasi di banyak negara. Namun demikian, diperkirakan setengah juta ton PCB yang dibuang ke lingkungan selama abad ke-20. [9] Dalam contoh klasik dari polusi lintas batas, jejak PCB bahkan telah ditemukan pada burung dan ikan di Arktik. Mereka dilakukan di sana melalui laut, ribuan mil dari tempat mereka awalnya masuk lingkungan. Meskipun PCB secara luas dilarang, efeknya akan terasa selama beberapa dekade karena mereka bertahan lama di lingkungan tanpa mogok.

Jenis lain dari polusi beracun berasal dari logam berat, seperti timbal, kadmium, dan merkuri. Memimpin pernah umum digunakan dalam bensin (bensin), meskipun penggunaannya sekarang dibatasi di beberapa negara. Merkuri dan cadmium masih digunakan dalam baterai (meskipun beberapa merek sekarang menggunakan logam lain sebagai gantinya). Sampai saat ini, bahan kimia sangat beracun yang disebut tributiltin (TBT) digunakan dalam cat untuk melindungi kapal dari efek melanda lautan. Ironisnya, bagaimanapun, TBT secara bertahap diakui sebagai polutan: kapal dicat dengan itu melakukan banyak kerusakan pada lautan sebagai lautan lakukan ke perahu.

Contoh yang paling terkenal dari pencemaran logam berat di lautan terjadi pada tahun 1938 ketika sebuah pabrik Jepang habis sejumlah besar logam merkuri ke Teluk Minamata, mengkontaminasi persediaan ikan di sana. Butuh satu dekade untuk masalah datang ke cahaya. Pada saat itu, banyak orang lokal makan ikan dan sekitar tahun 2000 diracuni. Ratusan orang dibiarkan mati atau cacat. [10]

Limbah radioaktif

Orang melihat limbah radioaktif dengan besar alarm-dan untuk alasan yang baik. Pada konsentrasi yang cukup tinggi dapat membunuh; dalam konsentrasi rendah dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya. Sumber terbesar polusi radioaktif di Eropa dua pabrik yang memproses ulang bahan bakar limbah dari pembangkit listrik tenaga nuklir: Sellafield di pantai utara-barat dari Inggris dan Cap La Hague di pantai utara Perancis. Kedua debit air limbah radioaktif ke laut, arus laut yang kemudian membawa seluruh dunia. Negara-negara seperti Norwegia, yang terletak di hilir dari Inggris, menerima dosis signifikan dari polusi radioaktif dari Sellafield. Pemerintah Norwegia telah berulang kali mengeluh bahwa Sellafield telah meningkat tingkat radiasi di sepanjang pantai sebesar 6-10 kali. Kedua pemerintah Irlandia dan Norwegia terus menekan untuk penutupan pabrik. [11]

Polusi minyak

Seekor burung terkena polusi minyak
Seekor burung terkena polusi minyak

Sumber gambar: wikipedia

Ketika kita berpikir tentang pencemaran laut, slicks minyak hitam besar sering muncul dalam pikiran, namun ini kecelakaan spektakuler hanya mewakili sebagian kecil dari semua pencemaran yang masuk lautan kita. Bahkan mempertimbangkan minyak dengan sendirinya, tumpahan kapal tanker yang tidak signifikan, karena mungkin tampak: hanya 12 persen dari minyak yang memasuki lautan berasal dari kecelakaan kapal tanker; lebih dari 70 persen dari pencemaran minyak di laut berasal dari pengiriman rutin dan dari minyak orang mencurahkan saluran air di darat. [12] Namun, apa yang membuat tanker tumpahan sehingga merusak adalah kuantitas semata minyak mereka rilis sekaligus – dengan kata lain, konsentrasi minyak yang mereka hasilkan dalam satu bagian yang sangat lokal dari lingkungan laut. Tumpahan minyak terbesar dalam beberapa tahun terakhir (dan terbesar yang pernah tumpahan di perairan AS) terjadi ketika kapal tanker Exxon Valdez bubar di Prince William Sound di Alaska pada tahun 1989. Sekitar 12 juta galon (44 juta liter) minyak dilepaskan ke murni padang gurun-cukup untuk mengisi ruang tamu Anda 800 kali lebih! Perkiraan hewan laut tewas dalam tumpahan bervariasi dari sekitar 1000 Berang-berang laut dan 34.000 burung untuk sebanyak 2.800 berang-berang laut dan 250.000 burung laut. Beberapa miliar salmon dan herring telur juga diyakini telah hancur. [13]

Plastik

Jika Anda pernah mengambil bagian dalam pantai komunitas bersih, Anda akan tahu bahwa plastik adalah jauh substansi paling umum yang mencuci dengan ombak. Ada tiga alasan untuk ini: plastik adalah salah satu bahan yang paling umum, digunakan untuk membuat hampir setiap jenis objek diproduksi dari pakaian untuk suku cadang kendaraan bermotor; plastik ringan dan mengapung dengan mudah sehingga dapat menempuh jarak yang sangat besar di lautan; kebanyakan plastik tidak biodegradable (mereka tidak memecah secara alami di lingkungan), yang berarti bahwa hal-hal seperti botol plastik tops dapat bertahan hidup di lingkungan laut untuk waktu yang lama. (A botol plastik bisa bertahan sekitar 450 tahun di laut dan memancing plastik garis dapat bertahan hingga 600 tahun.)

Sementara plastik tidak beracun dalam cukup dengan cara yang sama seperti bahan kimia beracun, mereka tetap menimbulkan bahaya besar burung laut, ikan, dan makhluk laut lainnya. Misalnya, garis memancing plastik dan sampah lainnya dapat mencekik atau tersedak ikan. (Ini kadang-kadang disebut hantu memancing.) Sekitar setengah dari spesies burung laut semua dunia diketahui telah dimakan residu plastik. Dalam salah satu penelitian terhadap 450 shearwaters di Pasifik Utara, lebih dari 80 persen dari burung-burung yang ditemukan mengandung residu plastik di perut mereka. Pada awal 1990-an, ilmuwan kelautan Tim Benton dikumpulkan puing-puing dari 2 km (1,5 mil) panjang pantai di pulau-pulau terpencil Pitcairn di Pasifik Selatan. Studinya tercatat sekitar seribu keping sampah termasuk 268 lembar plastik, 71 botol plastik, dan dua boneka kepala. [14]

Spesies asing

Ide kebanyakan orang pencemaran air melibatkan hal-hal seperti kotoran, logam beracun, atau slicks minyak, tetapi polusi bisa biologis serta kimia. Di beberapa bagian dunia, spesies asing adalah masalah besar. Spesies asing (kadang-kadang dikenal sebagai spesies invasif) adalah hewan atau tanaman dari satu wilayah yang telah diperkenalkan ke dalam ekosistem yang berbeda di mana mereka tidak termasuk. Di luar lingkungan normal mereka, mereka tidak memiliki predator alami, sehingga mereka cepat berjalan liar, crowding out binatang biasa atau tanaman yang tumbuh di sana. Contoh umum dari spesies asing termasuk kerang zebra di Great Lakes dari Amerika Serikat, yang dilakukan di sana dari Eropa oleh air pemberat (air limbah memerah dari kapal). The Mediterranean Sea telah diserang oleh sejenis ganggang alien yang disebut Caulerpa taxifolia. Di Laut Hitam, sebuah ubur-ubur alien yang disebut Mnemiopsis leidyi dikurangi stok ikan oleh 90 persen setelah tiba di air pemberat. Di San Francisco Bay, kerang Asia disebut Potamocorbula amurensis, juga diperkenalkan oleh air pemberat, telah secara dramatis mengubah ekosistem. Pada tahun 1999, Cornell University, David Pimentel memperkirakan bahwa penyerbu asing seperti ini biaya ekonomi AS $ 123.000.000.000 per tahun.

Eceng gondok
Eceng gondok

Sumber: [wikipedia]

Sungai yang kena polusi eceng gondok
Sungai yang kena polusi eceng gondok

Sumber gambar: wikipedia

Bentuk lain dari polusi

Ini adalah bentuk yang paling umum dari polusi tetapi tidak berarti satu-satunya. Panas atau polusi termal dari pabrik-pabrik dan pembangkit listrik juga menyebabkan masalah di sungai. Dengan menaikkan suhu, mengurangi jumlah oksigen terlarut dalam air, sehingga juga mengurangi tingkat kehidupan air sungai yang dapat mendukung.

Tipe lain dari polusi melibatkan gangguan sedimen (serbuk halus) yang mengalir dari sungai ke laut. Bendungan dibangun untuk pembangkit listrik tenaga air listrik atau air waduk dapat mengurangi aliran sedimen. Hal ini akan mengurangi pembentukan pantai, meningkatkan erosi pantai (penghancuran alam tebing oleh laut), dan mengurangi aliran nutrisi dari sungai ke laut (berpotensi mengurangi stok ikan pesisir). Peningkatan sedimen juga dapat menimbulkan masalah. Selama pekerjaan konstruksi, tanah, batu, dan bubuk halus lainnya kadang-kadang memasuki sungai terdekat dalam jumlah besar, menyebabkan ia menjadi keruh (berlumpur atau tertimbun lumpur). Sedimen tambahan dapat memblokir insang ikan, efektif mencekik mereka. Perusahaan konstruksi sering sekarang mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah jenis polusi terjadi.

Apa dampak dari pencemaran air?

Beberapa orang percaya polusi adalah hasil tak terhindarkan dari aktivitas manusia: mereka berpendapat bahwa jika kita ingin memiliki pabrik-pabrik, kota, kapal, mobil, minyak, dan kawasan wisata pantai, beberapa derajat polusi hampir pasti menghasilkan. Dengan kata lain, polusi adalah kejahatan yang diperlukan bahwa orang harus disiapkan dengan jika mereka ingin membuat kemajuan. Untungnya, tidak semua orang setuju dengan pandangan ini. Salah satu alasan orang telah terbangun dengan masalah polusi adalah bahwa ia membawa biaya sendiri yang melemahkan manfaat ekonomi yang terjadi oleh polusi.

Ambil tumpahan minyak, misalnya. Mereka dapat terjadi jika kapal tanker terlalu buruk dibangun untuk bertahan hidup kecelakaan di laut. Tapi manfaat ekonomi dari mengorbankan kualitas tanker membawa biaya ekonomi saat tumpahan minyak terjadi. Minyak dapat mencuci di dekat pantai, menghancurkan ekosistem, dan sangat mempengaruhi pariwisata. Masalah utama adalah bahwa orang-orang yang menanggung biaya tumpahan (biasanya masyarakat pesisir kecil) bukanlah orang-orang yang menyebabkan masalah di tempat pertama (orang-orang yang mengoperasikan kapal tanker). Namun, bisa dibilang, semua orang yang menempatkan bensin (petrol) ke mereka mobil-atau menggunakan hampir semua jenis minyak bumi berbahan bakar transportasi-berkontribusi terhadap masalah dalam beberapa cara. Jadi tumpahan minyak adalah masalah bagi semua orang, bukan hanya orang-orang yang hidup dengan pantai dan kapal tanker beroperasi.

Limbah adalah contoh yang baik tentang bagaimana polusi dapat mempengaruhi kita semua. Limbah dibuang ke perairan pesisir dapat mencuci di pantai dan menyebabkan bahaya kesehatan. Orang-orang yang mandi atau berselancar di air dapat jatuh sakit jika mereka menelan air belum tercemar limbah dapat memiliki efek berbahaya lain juga: itu bisa racun kerang (seperti kerang dan remis) yang tumbuh di dekat pantai. Orang-orang yang makan meracuni penderitaan risiko kerang dari keracunan kerang paralitik akut-dan kadang-kadang fatal-penyakit yang disebut. Kerang tidak lagi tertangkap bersama banyak pantai karena terlalu tercemar dengan limbah atau bahan kimia beracun limbah yang dibuang dari tanah di dekatnya.

Polusi penting karena merugikan lingkungan di mana orang bergantung. Lingkungan bukanlah sesuatu yang jauh dan terpisah dari kehidupan kita. Ini bukan ratusan garis pantai yang cukup mil dari rumah kita atau lanskap padang gurun yang kita lihat hanya di TV. Lingkungan adalah segala sesuatu yang mengelilingi kita yang memberi kita kehidupan dan kesehatan. Merusak lingkungan akhirnya mengurangi kualitas hidup-dan kita sendiri yang, paling egois, mengapa polusi harus peduli kepada kita semua.

Bagaimana kita bisa menghentikan polusi air?

Tidak ada cara mudah untuk mengatasi pencemaran air; jika ada, tidak akan begitu banyak masalah. Secara garis besar, ada tiga hal yang berbeda yang dapat membantu untuk mengatasi masalah-pendidikan, hukum, dan ekonomi-dan mereka bekerja sama sebagai sebuah tim.

Pendidikan

Membuat orang menyadari masalah adalah langkah pertama untuk memecahkan itu. Pada awal 1990-an, ketika peselancar di Inggris tumbuh lelah penangkapan penyakit dari air tercemar dengan limbah, mereka membentuk sebuah kelompok yang disebut Surfers Against Sewage untuk memaksa pemerintah dan perusahaan air untuk membersihkan tindakan mereka. Orang-orang yang sudah dewasa lelah berjalan pantai tercemar di dunia sering bersatu untuk mengatur sesi pembersihan pantai masyarakat. Pemancing yang tidak lagi menangkap begitu banyak ikan telah berkampanye untuk hukuman lebih keras terhadap pabrik-pabrik yang tuangkan pencemaran ke sungai kami. Kesadaran masyarakat yang lebih besar dapat membuat perbedaan positif.

Hukum

Salah satu masalah terbesar dengan polusi air adalah sifat lintas batas nya. Banyak sungai lintas negara, sementara laut menjangkau seluruh benua. Polusi diberhentikan oleh pabrik di satu negara dengan standar lingkungan yang buruk dapat menyebabkan masalah di negara-negara tetangga, bahkan ketika mereka memiliki hukum ketat dan standar yang lebih tinggi. Hukum lingkungan dapat membuat lebih sulit bagi orang untuk mencemari, tetapi harus benar-benar efektif mereka harus beroperasi lintas batas nasional dan internasional. Ini sebabnya kami telah hukum internasional yang mengatur lautan, seperti tahun 1982 Konvensi PBB tentang Hukum Laut (ditandatangani oleh lebih dari 120 negara), 1972 London (Dumping) Konvensi, 1978 MARPOL Konvensi Internasional untuk Pencegahan Pencemaran dari Kapal, dan 1998 OSPAR Konvensi untuk Perlindungan Lingkungan Laut dari North East Atlantic. Uni Eropa memiliki hukum air perlindungan (dikenal sebagai arahan) yang berlaku untuk semua negara-negara anggotanya. Mereka termasuk 1976 Mandi Air Directive (diperbaharui 2006), yang bertujuan untuk menjamin kualitas air yang digunakan orang untuk rekreasi. Sebagian besar negara juga memiliki sendiri hukum pencemaran air mereka. Di Amerika Serikat, misalnya, ada 1.972 Clean Air Act dan 1974 Aman Minum Air Act.

Ekonomi

Kebanyakan ahli lingkungan setuju bahwa cara terbaik untuk mengatasi polusi adalah melalui sesuatu yang disebut prinsip pencemar membayar. Ini berarti bahwa siapa pun yang menyebabkan polusi harus membayar untuk membersihkannya, satu atau lain cara. Pencemar membayar dapat beroperasi di segala macam cara. Ini bisa berarti bahwa pemilik kapal tanker harus mengambil asuransi yang mencakup biaya pembersihan tumpahan minyak, misalnya. Ini juga bisa berarti bahwa pembeli harus membayar untuk kantong belanja plastik mereka, seperti sekarang umum di Irlandia, untuk mendorong daur ulang dan meminimalkan limbah. Atau bisa berarti bahwa pabrik-pabrik yang menggunakan sungai harus memiliki pipa inlet air mereka hilir pipa aliran limbah mereka, jadi jika mereka menyebabkan polusi mereka sendiri adalah orang-orang pertama yang menderita. Pada akhirnya, prinsip pencemar membayar dirancang untuk mencegah orang dari polusi dengan membuatnya lebih murah bagi mereka untuk berperilaku dengan cara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Masa depan kita yang bersih

Hidup adalah tentang pilihan-akhirnya dan begitu juga polusi. Kita dapat hidup dengan limbah-berserakan pantai, sungai mati, dan ikan yang terlalu beracun untuk makan. Atau kita dapat bekerja sama untuk menjaga lingkungan yang bersih sehingga tanaman, hewan, dan orang-orang yang bergantung padanya tetap sehat. Kita bisa mengambil tindakan individu untuk membantu mengurangi polusi air, misalnya, dengan menggunakan deterjen ramah lingkungan, tidak menuangkan minyak ke saluran air, mengurangi pestisida, dan sebagainya. Kita bisa mengambil tindakan masyarakat juga, dengan membantu di pantai membersihkan sampah atau mengambil untuk menjaga sungai dan laut yang sedikit lebih bersih. Dan kita bisa mengambil tindakan sebagai negara dan benua untuk lulus undang-undang yang akan membuat polusi lebih keras dan dunia kurang tercemar. Bekerja bersama-sama, kita dapat membuat polusi kurang dari masalah dan dunia tempat yang lebih baik.

Referensi

  1. UN Joint Group of Experts on the Scientific Aspects of Marine Environmental Protection, Report of the First Session, March 1969, p.5.

Sumber Artikel:

  • http://www.explainthatstuff.com/waterpollution.html

Sumber gambar

  • Pencemaran udara https://ms.wikipedia.org/wiki/Fail:Air_.pollution_1.jpg
  • Pencemaran air https://en.wikipedia.org/wiki/Water_pollution#/media/File:Nrborderborderentrythreecolorsmay05-1-.JPG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *