Apa peran dari adanya ekonomi sirkular?

Apa peran dari adanya ekonomi sirkular?

Peran adanya ekonomi sirkular adalah sebagai berikut:

  • Melindungi alam lingkungan dari kerusakan. Penggunaan kembali dan daur ulang produk akan memperlambat penggunaan sumber daya alam, mengurangi gangguan lanskap dan habitat, serta membantu membatasi hilangnya keanekaragaman hayati.
  • Mengurangi ketergantungan pada bahan mentah. Mendaur ulang bahan mentah mengurangi risiko yang terkait dengan pasokan, seperti volatilitas harga, ketersediaan, dan ketergantungan impor.
  • Membuat lapangan kerja baru dan menghemat pengeluaran konsumen. Pergantian ekonomi linier menuju ekonomi sirkular dapat meningkatkan daya saing, menstimulasi inovasi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja. Mendesain ulang bahan dan produk untuk penggunaan sirkular juga akan meningkatkan inovasi di berbagai sektor perekonomian. Konsumen akan diberikan produk yang lebih tahan lama dan inovatif yang akan meningkatkan kualitas hidup dan menghemat pengeluaran dalam jangka panjang.

Contoh kerusakan alam misalnya penebangan hutan yang tidak terkendali.

Ekonomi linier memerlukan bahan mentah dari pertambangan yang banyak. Ilustrasi tambang tembaga di Chuquicamatae, Chile. (sumber)

Tambang tembaga Chuquicamata, Chile

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *